Rabu, 24 Juni 2009

MEKANIKA BAHAN

www.tips-fb.com Diposting oleh ilunk

MATERI PERKULIAHAN
Universitas Tadulako Jurusan Teknik Sipil
oleh Ir. James Nurtanio, M.Si
  1. Tegangan dan Perubahan Panjang Akibat Gaya Normal Mempelajari Pelbagai sifat bahan, analisa gaya dalam, tegangan normaldan geser, regangan dan tegangan izin, lingkaran mohr.
  2. Tegangan dan Lendutan Akibat Momen Lentur Mempelajari penurunan rumus lentur, tegangan akibat momen lentur, lendutan, menentukan lendutan dengan diagram bidang momen.
  3. Tegangan dan Lendutan Akibat Gaya Lintang Mempelajari penurunan rumus geser, tegangan geser maksimum, lendutan akibat gaya lintang
  4. Tegangan Puntir/Torsi Penurunan rumus puntir, teganngan geser puntir, pelbagai cara pemecahan.
  5. Tekuk Mempelajari beban kritis, batasan rumus Euler dan rumus Tetmayer, tekuk pada kolom pendek, langsing, dan kolom beban eksentris.
  6. Dasar-dasar Statis Tak Tentu Mempelajari dasar-dasar statis tak tentu, balok tiga tumpuan, Struktur balok menerus, pelbagai cara pemecahan.



PENDAHULUAN

Mekanika adalah suatu ilmu yang mempelajari hubungan antara gaya yang bekerja pada benda kaku. Dalam mekanika bahan ditekankan pada kekuatan bahan yang berlawanan dengan mekanika. Kekuatan bahan berkaitan dengan hubungan antara gaya luar yang bekerja dan pengaruhnya terhadap gaya dalam benda. Dalam hal ini benda tidak lagi dikatakan kaku ideal, deformasi meskipun kecil tetap diperhitungkan. Sifat bahan suatu struktur atau mesin mempengaruhi pemilihan dan ukuran yang memenuhi kekuatan dan kekakuan. Perbedaan antara mekanika dengan kekuatan dapat diperlihatkan pada gambar di Bawah :





Jumlah momen terhadap titik penumpu dapat menetapkan harga P untuk dapat mengungkit beban W tadi. Disini kita menganggap batang cukup rigid dan kuat. Dalam kekuatan bahan, kita harus menyelidiki dulu apakah batang tersebut tidak akan patah atau cukup ulet sehingga batang tersebut tidak melengkung tanpa beban.

Untuk lebih jelasnya dapat dilihat Disini

2 komentar:

Anonim mengatakan...

thx banget neh, link PDF nya.. bermanfaat banget.. :)

Putu Sukma Kurniawan mengatakan...

Terimakasih banyak informasi nya

Posting Komentar